STIKES St. Elisabeth

Laboratorium Keperawatan

Laboratorium Keperawatan

a)      PLAY ROOM

Dalam melakukan asuhan keperawatan pada anak dibutuhkan teknik tersendiri yang menarik bagi anak. Oleh karena itu laboratorium STIKES St. Elisabeth Semarang menyediakan ruang bermain bagi pasien anak yang berfungsi untuk mengurangi trauma  terhadap lingkungan rumah sakit.  Di ruang ini terdapat tempat duduk dan meja untuk anak-anak, selain itu juga terdapat berbagai jenis mainan yang terbuat dari bahan medis dan non medis. Ruangan yang didesign penuh warna dilengkapi tokoh-tokoh kartun dirasa nyaman bagi anak dan baik untuk mempercepat proses pemulihan pasien anak dan memberi gambaran kepada mahasiswa/i untuk lebih kreatif dalam membuat sebuah permainan bagi proses pemulihan pasien anak.

 

b)      EMERGENCY ROOM

Cepat dan tepat adalah keharusan untuk menangani pasien-pasien  unit gawat darurat, karena jika salah mengambil tindakan saja bisa berakibat fatal bagi pasien. Di ruang gawat darurat STIKES St. Elisabeth Semarang terdapat dua  bilik, yaitu bilik triage untuk memilah pasien berdasarkan kegawatannya dan bilik perawatan pasien itu sendiri setelah dilakukan tindakan medis. Selain itu juga terdapat berbagai alat yang digunakan untuk keselamatan pasien sesuai ABC (Airways-Breathing-Circulation) kedaruratan, berbagai obat-obatan emergency dan peralatan penunjang medis untuk mendiagnosa suatu penyakit. Melalui design yang sedemikian rupa mahasiswa/i diharapkan mampu memprioritaskan pasien dengan kegawatan yang berbeda dan mengambil tindakan keperawatan yang tepat.

 

c)      OPERATING ROOM

Ruang bedah adalah ruangan yang kesterilannya sangat diperhatikan. Karena di ruangan inilah terjadi proses pembedahan bagian dan/atau organ tubuh manusia, yang mana tidak boleh terkontaminasi oleh penjamu apapun. Dipintu masuk ruangan ini tercantum beberapa prosedur memasuki ruang operasi. Ruangan ini didesign menyerupai aslinya, dimana terdapat meja operasi, trolley instrument bedah berdasarkan jenis operasi, alat monitor tanda-tanda vital pasien (bed side monitor) dan alat bantu pernafasan sebagai pengatur pembiusan (anastesi)

 

d)     ICU

ICU (Intensive Care Unit) merupakan unit yang dispesialisasikan untuk pasien-pasien yang terancam jiwanya. Di unit ini terdapat alat-alat yang digunakan untuk membantu pernafasan (ventilator), alat hisap lendir (suction), alat pacu jantung (defibrillator), monitor untuk mengetahui tanda-tanda vital (bedside monitor) dan troli yang berisi peralatan dan obat emergency. Terdapat juga lembar pengawasan/kontrol pasien dimasing-masing bed pasien untuk memantau keadaan pasien per jam.

 

e)      COMMUNITY

Ruang komunitas dibagi menjadi 2 ruangan yaitu Posyandu dan ruang home care.

Posyandu  digunakan untuk bersosialisasi antara warga sekitar dan tim medis atau kader. Di ruangan ini terdapat timbangan, poster-poster yang digantung didinding dan 5 meja yang masing-masinya sudah diberi label; meja 1 untuk pendaftaran pasien, meja 2 untuk proses pemeriksaan pasien, meja 3 untuk konsultasi, meja 4 untuk penyerahan obat dan meja 5 untuk pemberian penyuluhan kesehatan/pendidikan kesehatan.

Home care adalah perawatan dimana pasien tidak dirawat dirumah sakit melainkan di rumahnya sendiri. Di laboratorium kami disetting seperti kamar pasien yang dilengkapi ruang tamu, dimana keluarga dapat berkonsultasi setelah dilakukan tindakan keperawatan pada pasien. Adapun beberapa box yang dibawa selama perawatan home care yaitu, box pemasangan infuse, box ganti balut/perawatan luka, box pemasangan selang Nasal Gastro Tube (NGT), box alat pengukur tanda-tanda vital, box pemasangan catheter.

 

f)       COMPLEMENTER CLINIC

Visi program studi STIKES berorientasi pada kemandirian (self care), salah satunya di tunjukkan dengan klinik komplementer. Klinik komplementer menggambarkan bahwa perawat berhak membuka klinik secara mandiri dengan menggunakan terapi komplementer sebagai bahan yang di gunakan untuk mengatasi masalah pasien. Terapi komplementer yang dipakai adalah hipnoterapi dan obat tradisional. Di ruang hipnoterapi terdapat tempat tidur dengan suasana yang nyaman dan relax, sehingga pasien dapat menjalani terapi dengan optimal. Sedangkan ruang konsultasi terdapat meja dan kursi yang disusun secara berhadapan guna mempertahankan komunikasi. Adapun lemari tempat status pasien berdasarkan abjad dan etalase yang berisi sampel tanaman obat yang dikeringkan untuk meramu obat. Berkaitan dengan proses peramuan obat maka dalam memberikan gambaran terhadap mahasiswa/i disediakan pula ruang dapur untuk mengelola bahan obat-obatan tersebut.

 

g)      PSYCHIATRIC

Ruang jiwa terbagi menjadi 2 (dua) ruangan, yaitu ruang rawat inap dan ruang TAK (Terapi Aktivitas Kelompok). Dimana masing-masing ruangan terdapat sebuah kaca besar untuk bercermin pasien. Di ruang rawat inap hanya terdapat tempat tidur saja untuk beristirahat pasien. Sedangkan di ruang TAK (Terapi Aktifitas Kelompok) ada beberapa kursi yang disusun secara melingkar. Selain itu terdapat juga TV, DVD dan radio yang digunakan untuk membantu pasien untuk bersosialisasi dengan pasien lain, tenaga medis dan lingkungan sekitar.

 

h)      PAEDIATRIC ROOM

Ruang paediatric terdiri dari 2 (dua) bagian yaitu ruang untuk anak berusia 1 – 5 tahun dan anak yang berumur diatas 6 tahun yang dibedakan dengan bed di ruangan tersebut. Selain itu ruang bermain juga bagian dari ruang paediatric.

 

i)        MATERNITY ROOM

Ruang maternitas  terbagi menjadi 2 bilik yaitu bilik persalinan (partus) yang digunakan untuk  proses persalinan dimana terdapat bed khusus untuk melahirkan dan bilik untuk selesai proses persalinan (post partum) yang  berisi bed biasa yang dilengkapi dengan warmer untuk bayi.

 

j)        ADULT 1 & ADULT 2

Ruangan ini disetting seperti di Rumah Sakit pada umumnya supaya mahasiswa mendapat gambaran tentang ruang rawat inap dewasa. Didalamnya terdapat kantor perawat yang berada di tengah-tengah bilik-bilik. Masing-masing bilik terdapat tempat tidur pasien dan meja pasien, ada pula beberapa bed yang terdapat phantom sebagai model pasien.

 

Kalender Akademik




« Nov 2017 »
M S S R K J S
29 30 31 1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 1 2
3 4 5 6 7 8 9

Akses Cepat


Peta Lokasi